Saturday, May 10, 2014

Apakah Maksud Kita Diperintah untuk Mencari Kelebihan Harta?



Dalam Al-Quran Surah Al-Jumu’ah (62):10 Allah berfirman:
“Maka apabila telah selesai ditunaikan shalat, bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah kelebihan karunia (rezeki) Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan kamu meraih kemenangan.”
 
Yang dimaksud carilah kelebihan di sini, ketika kita berkata bahwa Tuhan Mahakaya, substansinya jangan menjadikan seseorang tenggelam dalam mencari harta, sehingga titik-tolaknya sudah tidak suci dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Ada hal yang menarik di dalam ibadah haji. Kita lihat bagaimana Siti Hajar mencari air kehidupan,dari Shafa ke Marwah,sebanyak tujuh kali.

Apa makna tujuh kali? Berusahalah sebanyak mungkin. Tujuh itu berarti “banyak”. Tapi syaratnya ada dua: harus dimulai dari Shafa-shafa itu artinya kesucian-dan harus berakhir di Marwah. Marwah itu artinya kepuasan.

Jadi berusahalah sekuat tenaga,carilah sebanyak mungkin. Tapi titik-tolaknya harus dari kesucian dan berakhir dengan kepuasan. Kalau itu dilakukan, maka seandainya seseorang gagal meraih sesuatu, yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan kepadanya tanpa usaha dia, sebagaimana Hajar memperoleh air tanpa usaha dia.

[M.Quraish Shihab - Dewan Pakar Pusat Studi al-Qur'an]

0 Comment:

Post a Comment